Sabtu, 05 September 2015

Definisi Danau dan Jenis jenisnya


    
    Danau adalah cekungan – cekungan yang ada dipermukaan bumi terjadi karena tektonik, vulkanik ataupun proses lain yang lama kelamaan terisi air.

Jenis - jenis danau :

a. Danau Tektonik : danau yang terbentuk oleh proses – proses tektonik seperti
 patahan, lipatan dan gerakan kulit bumi sehingga terjadi penurunan.
     Contoh : Danau Toba,Singkarak,Kerinci,Poso dan Towuti

b. Danau Vulkanik : danau yang terjadi dari kawah atau kepundan gunung api yang masih aktif ataupun yang sudah mati kemudian terisi air.
     Contoh : Danau Kelud, Danau Telaga di Peg. Dieng

c. Danau Karst : danau yang terjadi karena adanya pelarutan batuan kapur oleh air sehingga membentuk cekungan. Bila cekungan terisi air maka danaunya disebut dolina, dolina yang lebih besar dan luas dinamakan uvala,sedangkan yang lebih luas dari uvala disebut polje.
     Contoh : danau di Peg. Seribu ( Yogyakarta )

d. Danau Erosi : danau yang terbentuk karena adanya erosi atau pendalaman dasar lembah oleh gletser ( massa es yang besar ). Pada musim panas / musim gugur,gletser yang mencair mengisi cekungan sehingga membentuk danau.
     Contoh : Danau Great ( The Great Lake ) di Amerika Utara dan Danau Finger di New York.

e. Danau Tapal Kuda (Oxbowlake): danau yang terbentuk adanya sedimen pada meander sungai saat aliran sungai menurun sehingga menyebabkan terpisah dengan aliran sungai baru.

f.   Danau bendungan alami: danau yang terjadi adanya longsoran dari tebing sehingga menutupi aliran sungai. Contoh : Danau Pengilon di Dieng,Telaga Sarangan di perbatasan Jateng & Jatim.

g. Danau buatan/waduk: danau yang dibuat dengan tujuan tertentu seperti irigasi, pembangkit listrik,transportasi, perikanan dan lain - lain.
     Contoh : Waduk Jatiluhur,Waduk Panglima Jendral Sudirman,Gajah Mungkur dsb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar