Selasa, 01 September 2015

EKSPEDISI SPANYOL

EKSPEDISI SPANYOL

·         Tahun 1492
Berangkat dari kota Palos, España pada Hari Jumat, 8 Agustus 1492 terdiri dari 3 kapal. Expedisi ini mengarungi Samudra Atlantik selama 40 hari dan berturut turut mendarat di Salvador, Cathay, Cuba, Hispanolia. Di Hispañolia, expedisi Columbus membuka daerah pemukiman yang dijadikan basis pemusatan koloni España di Amerika Selatan.

·         Tahun 1493
Berangkat dari kota Cadiz, España pada 25 September 1493. Tujuan utama untuk mencari daerah daerah koloni España di Amerika Latin.

·         Tahun 1498
Expedisi yang paling tidak berhasil karena kurang dipublikasikan dan persiapanya kurang matang. Setelah mengarungi samudra atlantik selama 30 hari,expedisi ini berturut turut menjelajahi daerah daerah Trinidad, kemudian mencari pulau Margareta yang banyak diisukan menyimpan mutiara dalam jumlah besar. Untuk menertibkan pemukiman Hispañolia sebagai pusat kolonisasi Spanyol diamerika latin diangkatlah Nicolas de Ovanda sebagai Gubernur Hispañolia. Expedisi ketiga ini pada 1499 kembali ke España.

·         Tahun 1501 – 1504

Merupakan expedisi terakhir, terbesar dan terencana termatang. Expedisi ini lazim diberi nama Altoviaye. Dalam expedisi ini Columbus ditemani putranya Diego dan 2 saudaranya Fernando dan Bartholemow Columbus. Pada expedisi ini Columbus berusia 51 tahun. Persiapan yang matang dan peralatan yang baik, expedisi ini mampu menyebrangi samudra atlantik selama 21 hari. Daerah dijelajahi adalah Marthimque, Santo Domingo, Hispañolia, Karibia, Jamaika, Pantai Honduras, Nikaragua, Kostarika, dan Panama. Pada waktu penjelajahan di Amerika Latin Colombus dalam keadaan sakit dan mengalami stres. Ketika sampai di Spanyol, Ratu Isabella meninggal dunia, sedangkan raja Ferdinand kurang memberikan respek pada pelayaran Colombus, sehingga Colombus yang sedang stres berat akhirnya meninggal pada 20 Mei 1564 di kota Valladolid, España.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar